TUGAS MANDIRI
PENGEMBANGAN PROGRAM
PENGAJARAN BIOLOGI
DOSEN
PEMBIMBING:Dr.H.Elfis M.si
DISUSUN
OLEH:
SALIM
NPM:096512327
KELAS:VD
FAKULTAS
FKIP
JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS
ISLAM RIAU
PEKANBARU
2011
Nama Sekolah
|
:
|
SMA
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Program
studi
|
:
|
XI/IPA
|
Semester
|
:
|
1
|
Standar
kompetensi
|
:
|
Memahami
keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan .
Tumbuhan
dan hewan, serta penerapannya dalam konteks salingtemas.
|
Kopetensi
dasar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu (menit)
|
Sumber/bahan/alat
|
Mengidentifikasi
struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan
sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
|
·
Struktur jaringan tumbuhan.
·
System jaringan tumbuhan
·
Fungsi masing-masing jaringan
|
· Melakukan
pengamatan mikroskopis berbagai macam jaringan dari bagian akar, batang,
daun,dan bunga.
· Menndiskusikan
hasil kajian dari berbagai sumber yang didapat tentang berbagai macam
jaringan tumbuhan berdasarkangambar/foto hasil pengamatan dan
kajian.
*)Dapat
dipelajari mengenal spesies tumbuhan khas daerah masing-masing.
· Mengkaji
dan menganalisis berbagai fungsi
macam-macam jaringan tumbuhan.
|
· Menggambarkan
berbagai macam struktur jaringan pada tumbuhan
· Mengidentifikasi ciri
macam-macam jaringan.
· Membedakan
struktur jaringan tumbuhan
· Menjelaskan
berbagai macam struktur jaringan tumbuhan.
|
Jenis
tugas:
Tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan harian.
Bentuk
instrument::
Produk
unjuk kerja, pengamatan sikap, keaktifan, tes uraian, kuis.
|
2
x 45
|
Sumber:
Buku
acuan yang relevan, internet.
Alat:
OHP/computer.
Bahan:
LKS,
bahan presentasi,gambar.
|
Mendeskripsikan
struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkannya dengan fungsi.
|
· Sifat
Totipotensi
· Struktur
jaringan hewan.
· Fungsi
jaringan hawan vertebrata.
|
· Diskusi
sifat totipotensi jaringan yang dimiliki tumbuhan.
· Membuat
charta urutan proses kultur jaringan suatu tumbuhan.
· Melakukan
pengamatan mikroskopis system jaringan hewan dan tumbuhan berdasarkan
perbedaannya dan persamaannya.
· Membandingkan
hasil pengamatan dengan literature, gambar/penelusuran internet.
· Membuat
laporan dari hasil pengamatan
|
· Mengkaitkan
sifat totipotensi jaringan dengan teknik kultur jaringan.
· Menjelaskan
perbedaan dan persamaan jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.
· Menggambarkan
atau memfoto jaringanl tumbuhan dan jaringan hewan dari hasil pengamatan.
· Membandingkan
dan menyamakan gambar hasil pengamatan jaringan tumbuhan dan jaringan hewan.
|
Jenis
tagihan:
Tugas
individu, tugas kelompok, unjuk kerja ulangan harian.
Bentuk
instrument:
Produk
unjuk kerja, pengamatan sikap, keaktifan, tes uraian, kuis.
|
3
x 45
|
Sumber:
Buku
acuan yang relevan, laboratorium, internet.
Alat:
Mikroskop,
kaca objek, kaca penutup, pisau scalpel, gunting kecil, pinset, tisu pembersih
.
Bahan:
LKS,
daun dari pohon sekitar sekolah, beberapa preparat awetan,misalkan epitel
pipih selapis,epitel kubus selapis, epitel silindris selapis, epitel pipih
berlapis banyak, epitel kubus berlapis banyak, jaringan otot,jaringan tulang,
jaringan darah atau jaringan saraf.
|
No comments:
Post a Comment